Sabtu, 29 Juni 2013

Teknik MindBody Medicine

Sebelumnya saya sudah membahas mengenai MindBody. Kali ini saya akan membahas mengenai teknik-teknik MindBody Medicine..

Apa -apa saja ya teknik yang sekarang menjadi trend MindBody??

1. Doa

Doa adalah intervensi MindBody yang paling kontroversial. Hal ini karena doa berhubungan dengan iman, keyakinan, agama, dan kepercayaan yang lebih besar dari kita, biasanya pada Tuhan, dewa/dewi.
  Ada banyak pertanyaan yang tidak terjawab dalam studi mengenai doa. Banyak laporan penelitian mengenai hal ini mendapat tantangan karena kurang memnuhi standar penelitian ilmiah. Meskipun demikian, doa adalah salah satu dari sekian banyak teknik dalam MindBody Medicine yang terbuka luas untuk eksplorasi.

2. Psikoterapi

Psikoterapi melibatkan komunikasi terfokus, biasanya verbal, antara seorang profesional yang terlatih di bif=dang psikologi dan seorang klien. Tujuan komunikasi ini adalah demi kebaikan dan kesejahteraan klien, baik melalui pencegahan atau penyembuhan prilaku yang tidak konstruktif atau mengembangkan pemahaman atau kebijaksanaan untuk peningkatan kualitas kehidupan.
Psikoterapi sebagai salah satu intervensi MindBody diperkuat dengan penelitian yang menunjukkan bahwa psikoterapi secara nyata memengaruhi wilayah otak tertentu dan perubahan secara anatomi otak dapat dibuktikan dengan menggunakan peranti pemindai yang canggih.

3. Hipnosis/Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah terapi dengan menggunakan teknik atau pendekatan apa saja, yang dilakukan di dalam atau dengan bantuan kondisi hipnosis. Sedangkan Hipnosis adalah kondisi pikiran yang rileks.
Dalam menggunakan hipnosis untuk kesehatan, biasanya pasien/klien dibantu oleh seorang hipnoterapi berpengalaman untuk bisa masuk ke kondisi hipnosis dengan kedalaman trance yang sesuai dengan teknik yang akan digunakan. Pasien juga diajarkan self-hypnosis dan mampu masuk ke kondisi hipnosis dengan cepat tanpa bantuan hipnoterapi.

4. Self Talk Positif

Self talk adalah kata-kata positif, kalimat-kalimat positif, dan dialog internal yang kita gunakan untuk memberikan label atau menerjemahkan pikiran, perasaan, keyakinan, dan pengalaman kita.
Setiap orang dapat menggunakan self-talk positif. Dialog internal yang positif dan konstruktif dapat sangat membantu dan menenangkan. Jenis atau buah pikiran yang dipikirkan seseorang dan apa yang ia katakan pada dirinya sendiri  sangatlah penting. Orang yang berpikir positif dan fokus pada perasaan dan pengalaman positif dapat memengaruhi kesehatan fisik dan emosinya.

5. Humor dan Tawa

Tawa dapat dilakukan siapa saja. Tidak ada batasan waktu atau kapan atau bagaimana seseorang harus tertawa. Tawa bersifat universal, tidak ada hambatan budaya, dan dilakukan oleh oleh semua suku bangsa. Tawa juga dapat digunakan oleh orang tertentu sebagai cara untuk mengatasi situasi sulit.

Masih banyak MindBody Medicine yang diterapkan oleh beberapa psikiater maupun orang hawam. Tetapi 5 Medicine sering kali digunakan bahkan sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Semoga bermanfaat, Mari Hidup Berbahagia!!!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar