Selasa, 17 September 2013

Pendekatan 4P dalam Pengembangan Kreativitas







Pendekatan 4P dalam Pengembangan Kreativitas

 Pengembangan kreativitas sejak usia dini  berguna agar kita dapat “survive” dan tidak tertinggal dari bangsa lain yang terus berkembang
Manfaat mengembangkan kreativitas sejak usia dini :
·         Dapat mewujudkan / mengaktualisasikan diri yang merupakan kebutuhan pokok tertinggi manusia
·         Sebagai kemampuan dalam menyelesaikan masalah



 Kreativitas tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan, tetapi juga memberikan kepuasan bagi individu
·         Kreativitas memungkinkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya

Teori tentang Pembentukan Pribadi Kreatif
1.      Teori Psikoanalisa
Pada umumnya, teori-teori psikoanalisa memandang kreativitas sebagai hasil dalam mengatasi suatu masalah. Seseorang yang kreatif dianggap pernah mempunyai pengalaman traumatis di masa kanak-kanak yang kemudian menghasilkan gagasan-gagasan yang disadari dan tidak disadari bercampur menjadi pemecahan masalah yang inovatif.
a)      Teori Freud
b)      Teori Kris
c)      Teori Jung

2.      Teori Humanistik
Teori humanistic memandang kreativitas sebagai hasil dari kesehatan psikologis pada tingkat tertinggi. Kreativitas dapat berkembang selama hidup manusia.
a)      Teori Maslow
b)      Teori Rogers

Ciri ciri pribadi yang kreatif biasanya meliputi:
  • selalu ingin tahu memiliki minat yang luas,
  • mandiri dan memiliki rasa percaya diri,
  • lebih berani mengambil risiko,
  • dan tidak takut membuat kesalahan dan mengemukakan pendapat.
Teori tentang “Press”
a.       Motivasi untuk kreativitas
b.      Kondisi Eksternal yang mendorong perilaku kreatif
Teori tentang Proses Kreatif
a.       Teori Wallas
Proses kreatif meliputi : persiapan, inkubasi, ilumasi, dan verifikasi
b.      Teori tentang Belahan Otak Kanan dan Kiri
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa belahan otak kanan yang lebih berkaitan dengan fungsi-fungsi kreatif

Teori tentang Produktif Kreatif
Produk kreatif dapat digolongkan menjadi 3 kategori, yaitu
  • kebaruan,
  • pemecahan,
  • kerincian dan sintesis.
Manfaat dari penentuan kriteria penilaian produk kreatif adalah dapat diketahui kekuatan dan kelemahan dari suatu produk.
Pendekatan 4P dapat dijadikan strategi untuk mengembangkan kreativitas. Dengan dimilikinya bakat dan ciri-ciri pribadi kreatif dan dengan dorongan internal maupun eksternal untuk bersibuk diri secara kreatif, maka produk-produk kreatif yang bermakna dengan sendirinya akan tercipta. 4P juga dapat digunakan sebagai dasar kerangka kerja konseptual dan strategi untuk penelitian tentang kreativitas di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar