Sabtu, 08 Juni 2013

Photography Model dan Photography Potrait ???


Photography merupakan hobby dan pekerjaan yang lagi banyak diminati masyarakat zaman, hanya memodalkan camera dan keterampilan yang didapat baik secara otodidak maupun school, setiap orang dapat melakukannya baik jadi model maupun cameramen nya..

Tetapi sebagai pemula seperti saya,, banyak yang berasumsi Photography model dan Portrait itu sama...
Setelah pencarian informasi, ternyata dua hal itu berbeda...

Hmmm...
Apa bedanya ya??

Photography model adalah membuat gambar yang melibatkan model. Nama jenisPhotography ini memang berasal dari subjek yang difoto.
Contohnya fotografi landscape memotret pemandangan
Photography portrait itu memotret orang. Tapi bedanya dengan Photography model adalah Photography portrait membuat gambar yang mengekspresikan karakter orang tersebut.

Perbedaan terbesar dari fPhotography model dengan photography portrait orang biasa adalah subjek fotonya (model) bekerjasama dengan fotografer untuk mewujudkan suatu gambar sesuai dengan kehendak fotografernya.

Pada Photography Model. di mana seorang fotografer yang menentukan bagaimana konsep dari fotonya, baik background foto, pose model, ekspresi model bahkan sampai hal sedetail mungkin agar terlihat selaras dengan konsep yang sudah ditentukan sehingga mendapatkan hasil gambar yang sesuai.

Dalam hal ini komunikasi antara fotografer dan model harus berjalan dengan baik, karena diharapkan dapat terjalin keakrabtan sehingga menghasilkan gambar yang sesuai sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.


Berbeda hal dengan Photography Portrait, di mana fotografer mencoba membuat foto yang dapat menggambarkan sifat subjek foto. Tugas fotografer yaitu mengenal orang tersebut, mencari latar belakang, dan props yang sesuai untuk memperkuat fotonya.
 
Fotografer juga berinteraksi dengan subjek supaya ekspresi dan bahasa tubuh dari subjek foto bisa keluar dengan alami. Portrait yang juga merekam lingkungan hidup subjek dinamakan environmental portrait. Sedangkan portrait yang hanya wajah saja, sering disebut close-up atau headshot.
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar